Selasa, 20 Maret 2012

LAPORAN PPL MTS PEMBANGUNAN PLUMBON-CIREBON

SURAT KETERANGAN
           
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala MTs Pembangunan Plumbon Kabupaten Cirebon, dengan ini menyatakan bahwa:
Nama                 : NURSAJADI
NIM                   : 58461277
Semester            : VII
Fakultas             : Tarbiyyah
Jurusan               : IPA-BIOLOGI-
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Nama tersebut di atas benar telah melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di MTs Pembangunan Plumbon Kabupaten Cirebon, dari tanggal 17 Oktober s.d. 19 November 2011.
Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebanar-benarnya, semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
                                                                                     Cirebon, 21  November  2011


Kepala MTS Pembangunan Plumbon


-


PENGESAHAN


Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Fakultas Tarbiyyah Fakultas Tadris IPA-Biologi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, di Madrasah Tsanawiyyah (MTs) Pembangunan Plumbon Kabupaten Cirebon. Tahun pelajaran 2011-2012 telah diperiksa dan disahkan oleh guru pamong, kepala sekolah dan dosen pembimbing.




Cirebon, 21 November  2011

Guru Pamong



Bambang Dipo Ttibuwono                      
Dosen Pembimbing



Drs.Subur,M.Ag
NIP:19600707 199103 1 001


Kepala MTS Pembangunan Plumbon





KATA PENGANTAR

Dengan ini saya panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT., karena dengan kuasa-Nyalah saya dapat menyelesaikan penyusunan laporan praktek pengalaman lapangan (PPL) di MTs Pembangunan Plumbon Kabupaten Cirebon ini dapat diselesaikan.
Shalawat dan Salam tercurahkan kepada junjungan kita baginda Rasulallah SAW., keluarga dan para sahabatnya serta kepada kita selaku umatnya yang selalu setia menjalankan ajarannya. Amiin…..
Laporan PPL ini disusun untuk memenuhi tugas tugas akhir PPL yang diselenggarakan P3  IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang merupakan tindakan lanjut dari program micro teaching. Dalam penulisan laporan ini banyak pihak yang telah memberikan perhatian, bantuan, ide gagasan, dorongan dan cintanya untuk membantu penulis dalam menyelesaiakan Laporan PPL ini.terutama kepada yang terhormat:
1.    Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Prof.Dr.H.Maksum,M.Ag
2.    Dekan/Fakultas Tarbiyah, Dr.Saefudin Zuhri,M,Ag
3.    Ketua Jurusan/Prodi Biologi, Kartimi,M.Pd
4.    Drs. Subur,M.Ag dosen pembimbing PPL,
5.    Drs. Sukardi, M.Ag kepala sekolah MTs Pembangunan Plumbon,
6.    Bambang Dipo Tribuwono,S.Pd.I  guru pamong bidang studi IPA-Biologi MTs Pembangunan Plumbon
7.    Guru-guru beserta stap TU MTs Pembangunan Plumbon.
8.    Rekan-rekan sesama praktikan, dan
9.    Siswa-siswi MTs Pembangunan Plumbon.
Dalam hal ini penulis menyadari dalam penulisan Laporan PPL ini masih jauh dari sempurna sehingga masih perlu dibenahi dan dikembangkan lebih lanjut. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun.

Cirebon , 21 November 2011

Penulis

                                                                                    Ttd


LAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI MTS PEMBANGUNAN PLUMBON

Diajukan untuk Memenuhi Tugas Akhir
Mata kuliah
:
Praktek Pengalaman Lapangan
Dosen Pembingbing
:
Drs.Subur,M.Ag

  Guru Pamong
:
Bambang Dipo Tribuwono,S.PdI










Oleh :

Fakultas
:
Tarbiyyah
Jurusan
:
IPA-BIOLOGI-C


INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI IAIN)
SYEKH NURJATI CIREBON
2011








BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Salah satu tujuan Bangsa Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar tahun 1945  adalah “Mencerdaskan kehidupan Bangsa”, karena dengan sumber daya manusia yang cerdas dapat mewujudkan masyarakat dan bangsa yang sejahtera baik lahir maupun batin.
Selain itu, menuntut ilmu adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan, karena dengan ilmu manusia dapat mencapai suatu kebahagiaan yang diinginkannya baik kebahagiaan yang sifatnya dunia dan akhirat. Seperti yang dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW yang artinya “Barang siapa menginginkan kebahagiaan dunia maka dengan ilmu, dan barang siapa menginginkan kebahagiaan akhirat maka dengan ilmu, dan barang siapa menginginkan kebahagiaan di dunia dan akhirat maka dengan ilmu”. Sehingga dapat dikatakan bahwa kunci kebahagiaan adalah dengan ilmu.
Proses belajar mengajar merupakan aktifitas edukatif antara guru dan siswa yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan intruksional. Upaya tersebut dirancang sebaik mungkin sehingga tercipta situasi yang kondusif dalam proses kegiatan belajar siswa. Dalam hal ini guru berperan untuk mengantarkan keberhasilan belajar bagi siswa secara optimal.
Seorang guru yang baik harus memiliki wawasan yang luas, menguasai ilmu pengetahuan, memiliki moral yang baik dan dapat menjadi teladan serta memiliki iman dan takwa kepada Allah SWT. Dalam hal ini, Lembaga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh NurjatiCirebon khususnya Fakultas Tarbiyah berusaha untuk mencetak para pendidik yang profesioanal dan berakhlaqul karimah.
Dalam upaya meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik, lembaga IAIN Syekh Nurjati Cirebon memberikan kesempatan kepada para mahasiswanya untuk berpartisipasi langsung dalam dunia pendidikan yang biasa disebut sebagai Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Kependidikan.
Pelaksanaan PPL Kependidikan Fakultas Tarbiyah ini dapat dijadikan sebagai barometer keberhasilan mahasiswa sebagai calon pendidik dalam menimba ilmu pengetahuan dan merealisasikannya dalam dunia pendidikan sesungguhnya.
Berkenaan dengan hal tersebut di atas, sebagai bukti keikutsertaan mahasiswa dalam kegitan PPL maka dituntut adanya suatu laporan yang juga dapat menjadi bukti tertulis dalam pelaksanaan PPL Kependidikan.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat kita rumuskan permasalahan-permasalahan kegiatan  PPL kependidikan ini sebagai berikut :
1.      Bagaimana kondisi lingkungan di MTs Pembangunan Plumbon?
2.      Bagaimana proses kegiatan belajar mengajar di MTs Pembangunan Plumbon?
3.      Sarana dan prasarana apa yang menjadi pendukung dalam proses belajar mengajar di MTs Pembangunan Plumbon?
4.      Kurikulum apa yang digunakan dalam kegiatan  kependidikan di MTs Pembangunan Plumbon?
5.      Bagaimana kesesuaian belajar mengajar dengan kurikulum yang digunakan?
6.      Kegiatan apa sajakah yang dapat meningkatkan keterampilan siswa di MTs Pembangunan Plumbon?

C.    Langkah-langkah Penelitian
Adapun cara atau langkah-langkah yang di tempuh dalam penyusunan laporan PPL Kependidikan ini adalah sebagai berikut:
1.      Sumber data
Sumber data yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah data empirik yang diperoleh dari :
a.       Kepala MTs Pembangunan Plumbon
b.      Wakil kepala sekolah
c.       Ketua program keahlian
d.      Guru mata pelajaran
e.       Guru pamong
f.       Staf TU
g.      Siswa-siswi MTs Pembangunan Plumbon

2.      Teknik Pengumpulan Data
Untuk memperoleh data yang lengkap dan akurat maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut :
a.       Observasi
Untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis meggunakan teknik ini. Yaitu dengan melakukan pengamatan langsng di MTs Pembangunan Plumbon agar dapat memperoleh gambaran secara langsung dan objektif dari pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.
b.      Interview
Teknik ini dilakukan untuk melengkapi daya yang diperoleh yaitu dengan melakukan wawancara kepada kepala sekolah, wakasek kurikulum, wakasek sarana dan prasarana, guru, staf TU, siswa dan penghuni lingkngan sekolah.
c.       Studi dokumentasi
Dalam teknik ini, kami menguti data tentang identitas dan sejarah sekolah, keberadaan guru dan siswa, serta sarana dan prasarana pendidikan yang mendukung kegiatan pembelajaran.
3.      Teknik Deskripsi dan Analisis Data
a.       Teknik Deskripsi
Teknik ini digunakan untuk memperoleh data tentang MTs Pembangunan Plumbon  yang meliputi : Lingkngan sekolah, personalia sekolah, kurikulum serta kegiatan belajar mengajar, bentuk kegiatan ekstrakurikuler, OSIS, sarana administrasi sekolah, bimbingan penyuluhan (BP), bimbingan karier, (BK), dewan sekolah, kesejahteraan tenaga kependidikan, administrasi pengajaran serta pendayagunaan perpustakaan.
b.      Teknik Analisis data
Untuk menganalisa data yang telah dihimpun, penulis menggunakan analisa logis, yaitu pengolahan data yang bersifat kuantitatif dengan menimbang pada jumlah dan besar angka yang tertera pada satuan data.
BAB II
DESKRIPSI HASIL OBSERVASI

A.    Sejarah Singkat MTs Pembangunan Plumbon
MTs Pembangunan Plumbon didirikan pada 18 Juli tahun 1988 dan diberi nama  MTs Pembangunan Plumbon yang didirikan oleh Kepala KUA Kecamatan Plumbon Musthopa Malawi, B.A dibantu H. Sarkim Pensiunan DEPKES, Susmoyo ketua LMD, Umu Suyudi ketua LKMD, Agus Umar kepala desa Plumbon, Sumay DKM al-Makmur.
Pada bulan September 1988 didirikan yayasan Al-Makmur Pembangunan Plumbon. Sehingga berdasarkan sejarah maka MTs Pembangunan Plumbon didirikan atau dibentuk pada 16 Juni 1988 adapun para pendiri MTs Pembangunan Plumbon secara keseluruhan adalah sebagai berikut:
1.    Drs. Musthopa Malawi, B.A
2.    H. Sarkim
3.    Susmoyo
4.    Umu Suyudi
5.    Agus Umar
6.    Sumar
Pertama kali berdiri, siswa MTs Pembangunan Plumbon beerjumlah 68 orang,  dan dari tahun ketahun mengalami peningakatan terutama pada tahun 1997 jumlah siswanya mencapai ± 300 siswa. Ketua yayasan al-Makmur yang pertama adalah prof. Dr. H. A. Yunus, SH., MBA., MSi.. berikut urutan nama pengurus yayasan al-Makmur sampai sekarang;
1.    Prof. Dr. H. A. Yunus, SH., MBA,. Msi.
2.    Drs. Musthopa Malawi, BA
3.    H. Agus Umar
Kepala Sekolah MTs Pembangunan Plumbon adalah sebagai berikut:
1.    Drs. H. Musthopa Malawi
2.    Drs. Sukardi, M. Ag
Pada perkembangan selanjutnya, MTs Pembangunan Plumbon terus berbenah diri dan berusaha meningkatan kualitasnya, salah satunya tercermin dari visi dan misi madrasah ini, yaitu:
Visi
   Terwujudnya pribadi muslim paripurna yang beramal ilmiyah dan berilmu amaliyah.
       Indikator
1.    Berkualitas dalam bidang akademik.
2.    Berkualitas dalam bidang nilai keagamaan.
3.    Berkualitas dalam kebersihan.
4.    Berkualitas dalam bidang olahraga.
5.    Berkualitas dalam bidang kesenian.
6.    Berkualitas dalam bidang keterampilan hidup.
7.    Berkualitas dalam bidang pengetahuan dan teknologi.
         Misi
Menciptakan generasi yang bertakwa, terampil dan berakhlak mulia dengan :
1.    Mengembangkan wawasan pengetahuan tentang ibdah dan muamalah.
2.    Mengintensifkan baca tulis al-Qur’an dan praktek ibadah.

B.     Lingkungan Sekolah
1.  Identitas Sekolah
Nama Lembaga             : MTs Pembangunan Plumbon
NSM                              : 21.2.32.11.12.040
Akreditasi                      : “B” NP:B/KW.10.4/MTs/11/075/2007
Alamat                           : Jl Sastra Sukendra No 07 Plumbon
Blok                 : Pokuwon
Desa                : Plumbon
Kec                  : Plumbon
Kab                  : Cirebon
No Tlp                           : 0231 325123
Status Madrasah            : Swasta



Waktu belajar                :
Masuk              : 07.00
Istirahat           : 09.40
Pulang             : 12. 55

2.  Keadaan Bangunan dan Ruangan
a.    Bangunan gedung
1.    Keadaan bangunan          : Permanen
2.    Lokasi                              : Stategis
3.    Status bangunan               : milik yayasan
Luas seluruh bangunan    : 1000 m2
Luas tanah terbangun       : 600 m2
4.    Pemeliharaan                    : sangat baik
b.    Keadaan ruangan
No.
Jenis Bangunan
Keterangan
1.       
Belajar
3 buah dengan ukuran
2.       
Kantor
a.  Ruang kepala sekolah
1 buah dengan ukkuran
b.  Ruang Wakesek
Menyatu dengan ruang Kepsek
c.  Ruang Guru
1 buah dengan ukuran
d. Ruang TU
Menyatu dengan ruang guru
3.       
Perpustakaan
Menyatu dengan ruang guru
4.       
Laboratorium
a.    IPA
-
b.   Multimedia
-
c.    Komputer
-
d.   Bahasa
-
5.       
Kesenian
-
6.       
Kantin
-
7.       
Penjaga / satpam
-
8.       
Mushola
Menyatu dengan masjid al-Makmur
9.       
Gudang
1 buah dengan ukuran
10.   
BP
-
11.   
Pramuka
-
12.   
OSIS
-
13.   
UKS
-
14.   
KM/WC guru
1 dengan ukuran 3
15.   
KM/WC siswa
2 dengan ukuran 2
16.   
Lapangan Olahraga
1 dengan ukuran 10

c.    Kelengkapan ruangan
No.
Jenis ruangan
Meja
Kursi
Almari/rak
Ket.
1.   
Kepala sekolah
1
2
2
Baik
2.   
Wakasek
1
2
-
Baik
3.   
Guru
11
11
2
Baik
4.   
Tata Usaha
1
2
-
Baik
5.   
Kelas
60
120
-
Baik
6.   
BP
-
-
-
-
7.   
OSIS
-
-
-
-
8.   
Pramuka
-
-
-
-
9.   
Perpustakaan
-
-
1
Baik
10.             
LAB IPA
-
-
-
-
11.             
LAB Bahasa
-
-
-
-
12.             
LAB Komputer
-
-
-
-
13.             
Multimedia
-
-
-
-



DENA LOKASI MTs PEMBANGUNAN PLUMBON KAB. CIREBON



Text Box: Parkir












                                                               







Keterangan :
1
Masjid
7
Kelas VII
2
Rumah penduduk
8
Toilet
3
Kelas IX
9
Lapangan Upacara
4
Ruang kepala Sekola
10
Rumah Penduduk
5
Ruang Guru
11
Sumur
6
Kelas VIII
12
Jalan Sastra Sukendra


C.      Personalia Sekolah
1.    Identitas Kepala Sekolah:
Nama Kepala Sekolah                   : Drs. SUKARDI, M.Ag
N I P                                             : 195612011980031001
Pendidikan Terakhir                      : S-2
Spesialisasi/ Fakultas                     : PAI
Tanggal Lahir                                : 01 Desember 1956
Alamat                                          : Jln Pesantren Ds. Gombang
No. SK Pengangkatan                  :  B.II/2/8767
Tgl. SK. Pengangkatan                 : 23 April 2003
TMT sbg Ka. MTs Pembangunan : 01 Agustus 1980


2.    Daftar Nama Guru Tahun Pelajaran 2011 / 2012
No.
Nama Guru
Mata
Pelajaran
Keterangan jumlah jam dan tugas tambahan
Jml
Jam
Wali
Kelas
Status
Pendidikan Terakhir
Tugas
Piket
Jabatan/Tugas Lain/Pemb.Eks
1.       
Drs. Sukardi, M.Ag
SKI


PNS
S2
Senin
KEPSEK
2.       
Bambang Sunardjo
Penjas



SLTA
Rabu
WAKASEK
3.       
Zam’ah, S.PdI
Akidah

VII
PNS
S1
Senin
Wali Kelas
4.       
Sopah, S.PdI
Fiqih


PNS
S1
Selasa

5.       
M.Zarkasyi HM.
Qur’an H.



SLTA
Rabu

6.       
B.Dipo Tribuwono, S.PdI
MTK



S1
Jumat

7.       
Mariya Ulpa, S.PdI
B.Inggris



S1
Selasa

8.       
Mursana, M.Ag
B.Arab



S2
Kamis

9.       
Drh. Mien Resminah
PPKN

IX

S1
Sabtu
Wali Kelas
10.   
Titik Kertisari Dewi
B.Sunda



SLTA
Senin
TU
11.   
Yusi T. Yeni, A.Md
B.Ind

VIII

D3
Kamis
Wali Kelas
12.   
Riva’atul Mahmudah
IPA



SLTA
Jumat

13.   
Afif Firmansyah, S.PdI
IPS



S1
Sabtu




3. Data Guru
Tingkat Pendidikan
Status Kepegawaian
Golongan
Ket

GT
GBS
DPK
GTT
JML
IIIa
IIIb
IIIc
IIId
IVa
Ivb
S2
1
-
1
-
-
-
-
-
-
1
-

S1/D4
4
-
2
-
-
-
-
1
1
-
-

D3
1
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-

SLTA
4
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-

JUMLAH
10

3




1
1
1




4. Data Pegawai Tata Usaha
Tingkat Pendidi
Kan
Status Kepegawaian
Golongan
Ket
Tetap
Honorer
JML
Id
IIa
Iib
Iic
IId
IIIa
IIIb
IIIc
S1
1











D3
-











SLTA
2











SLTP












SD












JUMLAH
3























5. Data Siswa Tahun Pelajaran 2010/2011
No
Kelas
Data Siswa

Jumlah



Rombel
L
       P
Jml


1

VII
1
29
26
55
55

2

VIII
1
26
13
39
39

3

IX
1
9
14
23
23

JUMLAH[
3
64
53
117
117

D.    Kurikulum dan KBM
1.      Kurikulum yang digunakan MTs Pembangunan Plumbon adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006.
2.      Buku Pegangan Guru dan Siswa
No.
Jenis Bidang Studi
Penerbit/Pengarang
1.    
SKI
Menara Kudus
2.    
Fiqih
Tiga Serangkai
3.    
Akidah
Angkasa
4.    
Qur’an Haadits
Menara Kudus
5.    
B. Arab
Menara Kudus
6.    
PKn
Epsilon Group
7.    
Bahasa dan Sastra Indonesia
Acarya Media Utama
8.    
Bahasa Inggris
Grafindo/Picardo
9.    
Matematika
Yudistira/Erlangga
10.              
IPA Terpadu
Yudistira/Erlangga
11.              
IPS Terpadu
Tiga Serangkai/Erlangga
12.              
B. Sunda
Yudistira/Erlangga
13.              
Penjaskes
Tiga Serangkai
3.      Alat peraga / alat komunikasi pengajaran yang tersedia :
PAI
;
Al-Qur’an, buku pelajaran dan mushola
Olahraga
;
Lapangan basket dan volley, bola dan matras
Kesenian

Alat-alat rebana
Bahasa


MTK

Buku Pelajaran, Penggaris, Jangka, Busur dan Rangka    Bangun Datar dan Ruang, Laptop, In Focus, dll.

4.      Catatan / Keterangan :
Penggunaan alat peraga dikondisikan dan penggunaan alat komunikasi disesuaikan dengan materi yang diberikan.
5.      Struktur program kurikulum
a.       Menggunakan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)/Kurikulum 2006.
b.      Persiapan mengajar menggunakan sistem RPP (Rancangan Persiapan Pengajaran).










E. Sarana Administrasi Pendidikan
No.
Jenis Kelengkapan Sekolah
Ada / Tidak
Keterangan
1
Tata tertib sekolah
Ada
Di Ruang Guru
2
Daftar Statistik Guru/Pegawai
Ada
Di TU
3
Daftar Statistik
Ada
Di TU
4
Buku Induk
Ada
Di TU
5
Buku Raport Murid
Ada
Di TU
6
Daftar Catatan Pribadi Siswa
Ada
Di ruang Guru
7
Buku Persiapan Mengajar
Ada
Di Ruang Guru
8
Buku Harian Sekolah
Ada
Di TU
9
Kartu Penerimaan SPP
Tidak ada
-
10
Buku Harian Kelas
Ada
Di Tiap Kelas
11
Buku Kas Sekolah
Ada
Di TU
12
Daftar Prosensi Guru
Ada
Di Kurikulum
13
Daftar Prosensi Siswa
Ada
Di Kurikulum
14
Buku Agenda
Ada
Di Ruang Piket
15
Buku Ekspedisi
Ada
Di Ruang Piket
16
Buku Notulen Rapat
Ada
Di Kurikulum
17
Buku Tamu
Ada
Di Ruang Piket
18
Daftar Program Keahlian
Ada
Di Kurikulum

F.Dewan Sekolah
1.        Struktur organisasi
SUSUNAN KEPENGURUSAN ORGANISASI
MTS PEMBANGUNAN PLUMBON - TAHUN PELAJARAN 2010/2011
a.       Kepala Sekolah                                      : Drs. Sukardi, M.P.d
b.      Wakil Kepala Sekolah
1)      Bidang Kurikulum                           :  Bambang Sunardjo
2)      Bidang Kesiswaan                           :  Bambang Dipo tribuwono, S.Pd.I
3)      Bidang Sarana Prasarana                 : M. Zarkasyi. HM
4)      Bidang Humas                                 : Mursana, M.Ag
c.       Ketua Perpustakaan                               : Yusi Toufu Yeny, A.Md
d.       Ketua Laboratorium :
1)      Komputer                                         : Bambang Dipo tribuwono, S.Pd.I
2)      Bahasa Inggris                                 : Mariya Ulpa, S.Pd.I
3)      IPA                                                  : Riva’atul Mahmudah
e.       Staf Wakasek
1)      Bidang Kurikulum                           : Bambang Dipo tribuwono, S.Pd.I
                                                               :  -
2)      Bidang Kesiswaan                           : Titik Kertisari Dewi
3)      Bidang Lingkungan                         : Yusi Toufu Yeny, A.Md

f.       Staf Bidang Sarana                               :  Yusi Toufu Yeny, A.Md
                                                            -
g.      Pembina Ekstrakurikuler
a.       Penanggung Jawab                          : Kepala  MTs
b.      Kord.Pembina Ekstrakurikuler        : Bambang Sunardjo
c.       Pembina Kesenian (Rebana)            : Zam’ah, S.Pd.I
d.      Pembina Pramuka                             : Bambang Dipo tribuwono, S.Pd.I
                                                                                     Titik Kertisari Dewi
h.      Wali Kelas :
Wali kelas VII
:
Zam’ah, S.Pd.I


Mariya Ulpa, S.Pd.I
Wali kelas VIII
:
Yusi Toufu Yeny, A.Md
Wali kelas IX
:
Drh. Mien Resminah

i.        Staf Tata Usaha :
a.       Ka.Sub.Bag Tata Usaha                               : Bambang Sunardjo
b.      Kord.Keuangan                                           : Titik Kertisari Dewi
c.       Kord.Kesiswaan                                          : Bambang Dipo tribuwono, S.Pd.I
d.      Kord.Kepegawaian                                      : Bambang Dipo tribuwono, S.Pd.I
e.       Kord. Sarana                                                : M. Zarkasyi. HM
f.       Kord.Persuratan                                           : Bambang Dipo tribuwono, S.Pd.I
g.       Kord.Kebersihan                                         : Mariya Ulpa, S.Pd.I
2.        Tugas dan fungsi
a.       Membantu sekolah
b.      Fasilitator sekolah dan orang tua
c.       Mencari donator
3.        Kegiatan
a.       Pertemuan dan rapat anggota dewan pendidikan (koordinator dewan antar sekolah)
b.      Pertemuan antar anggota (guru, orang tua, tokoh masyarakat,)
c.       Laporan pertanggungjawaban keuangan
G.Perpustakaan Sekolah
1.      Struktur organisasi
-
2.      Data buku
No
Nama Buku
Jumlah
Tahun
Pengadaan
Kondisi
Baik
Rusak
1.     
SKI
20 buku
2004
20 buku
-
2.     
Fiqih
20 buku
2004
20 buku
-
3.     
Akidah
20 buku
2004
20 buku
-
4.     
Qur’an Haadits
20 buku
2004
20 buku
-
5.     
B. Arab
20 buku
2004
20 buku
-
6.     
PKn
20 buku
2004
20 buku
-
7.     
Bahasa dan Sastra Indonesia
20 buku
2004
20 buku
-
8.     
Bahasa Inggris
20 buku
2004
20 buku
-
9.     
Matematika
20 buku
2004
20 buku
-
10.               
IPA

Biologi
20 buku
2004
20 buku
-

Fisika
20 buku
2004
20 buku
-

Kimia
20 buku
2004
20 buku
-
11.               
IPS

Ekonomi
20 buku
2004
20 buku
-

Geografi
20 buku
2004
20 buku
-

Sejarah
20 buku
2004
20 buku
-
12.               
B. Sunda
20 buku
2004
20 buku
-
13.               
Penjaskes
20 buku
2004
20 buku
-
14.               
Seni Rupa
20 buku
2004
20 buku
-
15.               
Seni musik dan Tari
2 buku
2004
2 buku
-
16.               
Buku Lain
40 buku
1999
20 buku
20 buku
17.               
Buku Perpustakaan
97 buku
1999
20 buku
77 buku

H. Kesejahteraan Tenaga Kependidikan
Bentuk Kegiatan Ektra Kuriluler
1.      OSIS
Ketua              : Imas Purwanti
Pembina          : Bambang Dipo tribuwono, S.Pd.I
Tugas dan fungsi pokok pembina :
a.       Menyusun program kerja OSIS dan mengkoordinir pelaksanaannya.
b.      Bertanggungjawab atas seluruh kegiatan OSIS.
c.       Mengadakan dan melakukan koordinasi dengan seluruh pembina kegiatan ekstra kurikuler.
d.      Mengadakan pembinaan dan pelatihan kepada kepengurusan OSIS untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik.
e.       Membuat laporan akhir kegiatan.
Kegiatan-Kegiatan OSIS :
a.       Penyeleksian panitia MOS
b.      Mengadakan PHBN dan PHBI
c.       Pelantikan LDKS dan musyawarah perwakilan kelas
d.      Persiapan perpisahan kelas 3
e.       Perkemahan pelajar
2.      PRAMUKA
Ketua       : Irfan Maulana (Pa)
: Suryana (Pi)
Pembina   : Bambang Dipo tribuwono, S.Pd.I
                 : Titik Kertisari Dewi
Tugas dan fungsi pokok pembina :
a.       Menyusun program kerja ekstra kurikuler pramuka MTs Pembangunan Plumbon dan mengkoordinir pelaksanaannya.
b.      Bertanggungjawab atas seluruh kegiatan Pramuka.
c.       Mengadakan dan melakukan koordinasi dengan seluruh pembina baik di kegiatan OSIS maupun kegiatan ekstra kurikuler lainnya.
d.      Mengadakan pembinaan dan pelatihan kepada kepengurusan Pramuka untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik.
e.       Membuat laporan akhir kegiatan.
Kegiatan-Kegiatan PRAMUKA :
a.       Latihan setiap hari sabtu
b.      Latihan gabungan dengan sekolah lain
3.      Hubungan Sekolah dengan Lingkungan
Keberhasilan lingkungan di sekitar MTs Pembangunan Plumbon secara umum tertata dengan baik, bahkan terkesan adanya usaha-usaha untuk meningkatkan kualitas, sarana dan prasarana fisik yang dimilikinya. Semua itu tidak terlepas dari peranan yang dilakukan oleh pemerintah (kementrian agama), orang tua murid, pihak sekolah dan siswa-siswi MTs Pembangunan Plumbon itu sendiri. Sebagai gambaran saat ini telah dilakukan pembangunan secara betahap, sehingga kelak nantinya akan memberikan rasa bangga dan kenyamanan tersendiri bagi warga MTs Pembangunan Plumbon.



BAB III
PELAKSANAAN TUGAS PRAKTEK KEPENDIDIKAN

A.    Praktek Mengajar
     Pelaksanaan praktek mengajar merupakan salah satu cara agar mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon memperoleh pengalaman secara langsung dari kegiatan mengajar yang dituangkan dalam bentuk mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) II.
     Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Kependidikan ini mengarahkan mahasiswa menjadi sosok guru yang profesional dan kompeten di bidangnya, khususnya di bidang Pendidikan Matematika. Karena sebelum calon guru berpartisifasi langsung sebagai guru yang sebenarnya, calon guru harus dibekali dengan pengalaman dan penghayatan melalui Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Kependidikan. Tujuan yang diharapkan dari praktek mengajar itu antara lain untuk menimba berbagai pengalaman dan dalam kerangka pengembangan teori-teori yang telah didapatkan dari bangku perkuliahan.
     PPL yang dilaksanakan di MTs Pembangunan Plumbon Kabupaten Cirebon merupakan pengenalan dan pemahaman yang diperoleh dari pengalaman mengajar untuk diimplementasikan kelak ketika akan mengajar di kelas, namun semua itu tidak akan berhasil dengan baik, apabila tidak ada persiapan dan perencanaan yang matang dari praktikan itu sendiri.
     Dalam praktek mengajar di MTs Pembangunan Plumbon Kabupaten Cirebon, setiap praktikan di rencanakan mengajar minimal 12 kali pertemuan, namun tekhnis di tempat PPL praktikan hanya mengajar 10 kali pertemuan. 1 kali pertemuan minimal 2 jam pelajaran (2 x 40 menit).
     Sebelum melaksanakan praktek mengajar, praktikan di wajibkan untuk membuat persiapan mengajar secara matang, terperinci, dan terencana dengan baik. Seperti membuat persiapan tertulis berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program Semester, Program Tahunan, dan lain sebagainya. Sedangkan, persiapan tidak tertulis adalah menyiapkan mental mengajar supaya dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tidak mengalami hal-hal negatif dalam menghadapi peserta didik.
1.      Tujuan
     Praktek mengajar mempunyai tujuan yaitu agar mahasiswa memperoleh pengalaman dan kopetensi mengajar secara langsung dari kegiatan mengajar serta praktikan juga dapat mengembangkan teori-teori yang telah praktikan dapatkan selama perkuliahan dan mengaplikasikannya dalam kegiatan belajar mengajar.
2.      Jenis dan urutan kegiatan
a.       Tahap persiapan
·         Melakukan observasi terhadap sekolah
·         Perkenalan dengan lingkungan sekolah guru-guru, dan  staf TU
·         Pembagian guru pamong
·         Penentuan jadwal praktek berdasarkan konsultasi dengan guru pamong
·         Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
·         Mempersiapkan media pembelajaran atau alat peraga
·         Memilih metode/strategi belajar yang tepat
·         Merangkum materi pembelajaran yang akan disampaikan
·         Mempelajari materi yang akan disampaikan
b.      Tahap pelaksanaan
·         Perkenalan dengan peserta didik
·         Melakukan pendekatan dengan peserta didik
·         Penyampaian materi
·         Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya
·         Menjawab setiap pertanyaan dari peserta didik
·         Memberikan latihan kepada peserta didik
·         Mengkoreksi latihan dan memberikan skor/nilai
·         Mengadakan ulangan harian
·         Menganalisis tercapai tidaknya tujuan awal dari pembelajaran



3.      Aspek-aspek yang diperhatikan dalam kegiatan dan hasil belajar
a.       Mempelajari dan mengenal nama-nama peserta didik di dalam kelas
b.      Mengenal dan memperhatikan peserta didik yang aktif dan berprestasi di dalam kelas
c.       Mengenal kondisi fisik siswa
d.      Mengenal interaksi sosial (suka mengganggu, membantah, bertanya, dan lain-lain)
e.       Mengetahui pencapaian hasil belajar siswa
            Adapun persiapan yang harus dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1.      Tahap Persiapan
a.       Mengadakan observasi selama kurang lebih satu minggu.
b.      Merumuskan dan membuat jadwal mengajar, jadwal piket, jadwal hadir harian, dan pembagian jadwal kegiatan sekolah.
c.       Beradaptasi dengan lingkunagan sekolah.
d.      Membuat perangkat pengajaran, yaitu program tahunan yang dibuat dari setiap satu tahun, program semester yang dibuat setiap satu semester, rancangan satuan pembelajaran yang dibuat setiap satu pokok bahasan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat untuk satu kali pertemuan.
e.       Menentukan metode pengajaran yang relevan dengan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan.
f.       Menentukan pokok bahasan yang akan disampaikan secara sistematis
g.      Menentukan planning mengenai langkah-langkah yang akan dilakukan oleh pengajar, seperti: rencana dalam pemberian test pada awal pelajaran, saat pelajaran berlangsung, dan ketika akhir pelajaran.
2.      Tahap Pelaksanaan
a.       Pemberian test awal atau free test
b.      Menyampaikan pokok-pokok materi pelajaran
c.       Menjelaskan pokok-pokok bahasan secara global
d.      Memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya
e.       Memberi jawaban atas pertanyaan yang diajukan
f.       Menyimpulkan materi pelajaran dan memberikan test akhir
3.      Tahap Penilaian
Tahap ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa setelah mengikuti uraian materi pelajaran. Penilaian dilakukan dengan cara ulangan, pemberian tugas, latihan dan PR.

B.     Kegiatan Ekstrakurikuler
     Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran dan berperan untuk meningkatkan atau menunjang pelajaran dengan bimbingan guru Pembina. Kegiatan ini menunjang kegiatan intrakurikuler yang biasanya dilakukan pada sore hari atau pada hari libur.
     Kegiatan ekstrakurikuler ini sangat berarti dalam usaha meningkatkan potensi, bakat dan minat siswa dalam mengembangkan wawasan intelektualnya. Dalam kegiatan ini siswa diberikan kebebasn untuk memilih yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan masing-masing. Adapun bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MTs Pembangunan Plumbon Kabupaten Cirebon antara lain :
1.      Pramuka
2.      Kesenian
3.      Keagamaan
     Dalam kegiatan ekstrakurikuler praktikan tidak dilibatkan secara aktif, akan tetapi diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan, diantaranya :
1.      Piket, dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang diberikan
2.      Layanan perpustakaan
3.      Bimbingan OSIS, dll.

C.    Partisipasi dalam Pembinaan Siswa (Permasalahan yang dihadapi dalam Pembinaan Siswa).
      Dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) memang tidak sulit dan tidak mudah, karena praktikan tidak hanya terfokus bagaimana cara mengajar yang baik. Tetapi praktikan juga dituntut untuk mampu menghadapi dan mengatasi permasalahan yang timbul dikalangan siswa. Partisipasi yang dilakukan praktikan dalam membina siswa diantaranya dengan memberikan motivasi dan arahan ketika pelaksanaan praktek mengajar. Dengan berusaha menanamkan nilai-nilai agama yang dapat dijadikan pondasi bagi siswa dalam pencapaian manusia Indonesia seutuhnya melalui penguasaan ilmu pengetahuan yang dilandasi oleh iman dan taqwa.
   Selain memberikan motivasi dan arahan dalam kegiatan pembelajaran formal di dalam kelas, praktikan berusaha menanamkan nilai-nilai keagamaan dalam diri siswa dengan mengajak siswa untuk ikut shalat berjamaah di mushola yang tersedia. Selain itu praktikan memposisikan diri sebagai pendengar dari keluhan dan permasalahan yang dihadapi oleh siswa baik permasalahan dalam kegiatan belajar, maupun permasalahan yang besifat pribadi yang dialami siswa.
   Dalam pelaksanaannya, praktikan mengadakan wawancara secara bebas di luar jam belajar tentang kebiasaan, hobby, tugas di rumah, persoalan yang dihadapi di sekolah dan di rumah Sebagian besar permasalahan yang dihadapi siswa adalah permasalah yang umum dialami oleh siswa dan siswi, yaitu permasalahan sesama teman, permasalahan dengan pacar, dan permasalahan yang dialami dalam keluarga.
   Kegiatan ini sebagai upaya praktikan untuk mengenal siswa lebih dekat. Tujuannya agar praktikan memperoleh pengalaman secara langsung dan penghayatan langsung dari interaksi yang dilakukan dengan siswa.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar