Lampiran 10
KISI- KISI ANGKET RESPON SISWA
TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM
POSING
Variabel
Penelitian
|
Dimensi
|
Indikator
|
No. Item Soal
|
Jumlah
|
Penerapan model pembelajaran
problem posing pada pokok bahasan kalsifikasi makhluk hidup untuk
meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Negeri karangampel
Meningkatan Hasil Belajar
|
Penerapan model pembelajaran
problem posing pada materi kalsifikasi makhluk hidup
|
1. Tanggapan siswa terhadap penerapan model
pembelajaran Problem Posing
2. Penerapan model pembelajaran Problem Posing
dapat memotivasi siswa untuk belajar
3. Penerapan model pembelajaran problem posing dapat menciptakan hal yang
baru dalam materi klasifikasi makhlukl hidup dengan melakukan percobaan
lapangan
4. Keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran
dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing
5. Pendapat siswa tentang penerapan model
pembelajaran Problem Posing pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk hidup
6. Keseriusan siswa terhadap pembelajaran penerapan model Problem Posing
7. Efektifitas model pembelajaran Problem
Posing terhadap pembelajaran
8. Pemahaman siswa pada
pokok bahasan Klasifikasi Makhluk hidup
9. Menambah pengetahuan
siswa
10. Guru dan siswa lebih
interaktif
11. Membuat siswa lebih
banyak bertanya
12. Berbagi pengetahuan
dengan teman
13. Dapat menjawab
pertanyaan guru
14. Lebih menarik
menggunakan model
problem posing
15. Penilaian proses belajar klasifikasi makhluk hidup dengan adanya
model pembelajaran problem posing
16. Melakukan diskusi secara aktif antara sesama siswa dengan guru
17. Penerapan model
Problem Posing dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk hidup
|
1,2,
3,4
16
5,6
7,8
9,10
11,12
13,14
19
20
21
22
23
24
17,18
25
15
|
2
2
1
2
2
2
2
2
1
1
1
1
1
1
2
1
1
|
Jumlah Item
|
25
|
25
|
Lampiran 11
ANGKET RESPON SISWA
TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING
Nama :
Kelas :
Pelajaran :
Pokok Bahasan :
Tanggal :
A. Petunjuk:
- Bacalah pernyataan di bawah ini dengan cermat dan pilihlah jawaban yang benar-benar cocok dengan pilihanmu
- Pertimbangkan setiap pernyataan dan tentukan kebenarannya. Jawabanmu jangan dipengaruhi oleh jawaban terhadap pernyataan lain atau jawaban temanmu
- Catat responmu pada lembar jawaban yang tersedia dengan tanda centang (√)
Keterangan pilihan jawaban:
1. = Sangat setuju
2. = Setuju
3. = Kurang setuju
4. = Tidak setuju
5. = Sangat
tidak setuju
B. Pernyataan angket
No
|
PERNYATAAN
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1
|
Saya merasa puas adanya pembelajaran
problem posing
|
|
|
|
|
2
|
Model pembelajaran problem posing dapat menghilangkan rasa bosan saat proses kegiatan belajar mengajar
|
|
|
|
|
3
|
Dalam pembelajaaran problem posing
motivasi saya untuk belajar semakin meningkat
|
|
|
|
|
4
|
Model pembelajaran problem
posing membuat saya
semangat untuk mempelajari kalsifikasi
makhluk hidup di rumah
|
|
|
|
|
5
|
Model problem posing membuat saya lebih aktif dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
6
|
Apakah dengan model problem
posing saya menjadi sering bekerjasama dengan teman
dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
7
|
Saya setuju model pembelajaran problem posing sangat
cocok diterapkan pada pokok bahasan
Klasifikasi Makhluk Hidup
|
|
|
|
|
8
|
Dengan model pembelajaran problem
posing membuat saya bersungguh- sungguh
mempelajari pokok bahasan
Klasifikasi Makhluk Hidup
|
|
|
|
|
9
|
Saya setuju model pembelajaran problem posing diterapkan
pada materi pelajaran lain
|
|
|
|
|
10
|
Model pembelajaran problem
posing membuat
keingintahuan saya besar terhadap pokok
bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup
|
|
|
|
|
11
|
Saya merasa dari awal pembelajaran ,sudah tertarik dengan model pembelajaran problem posing
|
|
|
|
|
12
|
Saya setuju bahwa model pembelajaran problem
posing adalah model yang efektif dan inovatif
|
|
|
|
|
13
|
Saya merasa lebih berkonsentrasi
mengikuti pembelajaran dengan model problem posing
|
|
|
|
|
14
|
Dengan model pembelajaran problem posing saya lebih mudah memahami pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup
|
|
|
|
|
15
|
Saya yakin model pembelajaran problem
posing dapat meningkatkan hasil belajar saya
|
|
|
|
|
16
|
Saya senang dapat
belajar memimpin dan menciptakan hal baru dalam belajar kalsifikasi makhluk
hidup
|
|
|
|
|
17
|
Dalam pembelajaran problem posing Setiap anggota
kelompok bisa saling berpartisipasi dan memberi penilaian
|
|
|
|
|
18
|
Dalam pembelajaran problem posing Setiap anggota
kelompok bisa saling mendengarkan pendapat satu sama lain
|
|
|
|
|
19
|
Pembelajaran dengan menggunakan model problem posing dapat menambah pengetahuan
saya.
|
|
|
|
|
20
|
Belajar dengan menggunakan model problem posing dapat membuat guru dan
siswa lebih interaktif.
|
|
|
|
|
21
|
Dengan model problem posing siswa menjadi lebih banyak
bertanya mengenai materi pelajaran
klasifikasi makhluk hidup
|
|
|
|
|
22
|
Dengan model problem posing
siswa dapat berbagi pengetahuan dengan teman pada saat pembelajaran
berlangsung
|
|
|
|
|
23
|
Saya bisa menjawab pertanyaan guru setelah belajar dengan model problem posing
|
|
|
|
|
24
|
Model pembelajaran problem posing lebih menarik dibandingkan
metode ceramah.
|
|
|
|
|
25
|
Saya lebih aktif diskusi kelompok dalam
menyelesaikan masalah pokok bahasan klasifikasi makhluk hidup
|
|
|
|
|