Sabtu, 04 Agustus 2012

INSTRUMEN ANGKET DAN KISI ANGKET

                                                           Lampiran 10
KISI- KISI ANGKET RESPON SISWA
TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING
Variabel
Penelitian
Dimensi
Indikator
No. Item Soal
Jumlah
Penerapan model pembelajaran problem posing pada pokok bahasan kalsifikasi makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Negeri karangampel
















































Meningkatan Hasil Belajar
Penerapan model pembelajaran problem posing pada materi kalsifikasi makhluk hidup
1.  Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Posing
2.  Penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat memotivasi siswa untuk belajar
3. Penerapan model pembelajaran problem posing dapat menciptakan hal yang baru dalam materi klasifikasi makhlukl hidup dengan melakukan percobaan lapangan
4.  Keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing
5.  Pendapat siswa tentang penerapan model pembelajaran Problem Posing pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk hidup


6.  Keseriusan siswa terhadap pembelajaran penerapan model Problem Posing
7.  Efektifitas model pembelajaran Problem Posing terhadap pembelajaran
8. Pemahaman siswa pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk hidup
9. Menambah pengetahuan siswa
10. Guru dan siswa lebih interaktif
11. Membuat siswa lebih banyak bertanya
12. Berbagi pengetahuan dengan teman
13. Dapat menjawab pertanyaan guru
14. Lebih menarik menggunakan model problem posing
15. Penilaian proses belajar klasifikasi makhluk hidup dengan adanya model pembelajaran problem posing
16. Melakukan diskusi secara aktif antara sesama siswa dengan guru
17. Penerapan model  Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk hidup

1,2,



3,4



16






5,6




7,8






9,10



11,12


13,14


19

20

21

22

23

24


17,18




25


15
2



2



1







2



2






2



2



2

1

1

1

1

1

1


2




1


1
Jumlah Item
25
25



















                                                            















                                                             Lampiran 11
ANGKET RESPON SISWA
TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING
Nama                          :
Kelas                           :
Pelajaran                    :
Pokok Bahasan           :
Tanggal                       :
A. Petunjuk:
  1. Bacalah pernyataan di bawah ini dengan cermat dan pilihlah jawaban yang benar-benar cocok dengan pilihanmu
  2. Pertimbangkan setiap pernyataan dan tentukan kebenarannya. Jawabanmu jangan dipengaruhi oleh jawaban terhadap pernyataan lain atau jawaban temanmu
  3. Catat responmu pada lembar jawaban yang tersedia dengan tanda centang ()
Keterangan pilihan jawaban:
1. = Sangat  setuju
2. = Setuju
3. = Kurang setuju
4. = Tidak setuju
5. = Sangat tidak setuju
B. Pernyataan angket
No
PERNYATAAN
SS
S
TS
STS
1
Saya merasa puas adanya pembelajaran  problem posing




2
Model pembelajaran problem posing dapat menghilangkan rasa bosan saat proses kegiatan belajar mengajar




3
Dalam pembelajaaran problem posing motivasi saya untuk belajar semakin meningkat




4
Model pembelajaran problem posing membuat saya semangat untuk mempelajari kalsifikasi makhluk hidup di rumah




5
Model problem posing membuat saya lebih aktif dalam pembelajaran




6
Apakah dengan model problem posing saya menjadi sering bekerjasama dengan teman dalam pembelajaran




7
Saya setuju model pembelajaran problem posing sangat cocok diterapkan pada pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup




8
Dengan model pembelajaran problem posing membuat saya bersungguh- sungguh mempelajari pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup




9
Saya setuju model pembelajaran problem posing diterapkan pada materi pelajaran lain




10
Model pembelajaran problem posing membuat keingintahuan saya besar terhadap pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup




11
Saya merasa dari awal pembelajaran ,sudah tertarik dengan model pembelajaran problem posing




12
Saya setuju bahwa model pembelajaran problem posing adalah model yang efektif dan inovatif




13
Saya merasa lebih berkonsentrasi mengikuti pembelajaran dengan model problem posing




14
Dengan model pembelajaran problem posing saya lebih mudah memahami pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup




15
Saya yakin model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar saya




16
Saya senang dapat belajar memimpin dan menciptakan hal baru dalam belajar kalsifikasi makhluk hidup




17
Dalam pembelajaran problem posing Setiap anggota kelompok bisa saling berpartisipasi dan memberi penilaian




18
Dalam pembelajaran problem posing Setiap anggota kelompok bisa saling mendengarkan pendapat satu sama lain




19
Pembelajaran dengan menggunakan  model problem posing dapat menambah pengetahuan saya.




20
Belajar dengan menggunakan  model problem posing dapat membuat guru dan siswa lebih interaktif.




21
Dengan model problem posing siswa menjadi lebih banyak bertanya mengenai materi pelajaran klasifikasi makhluk hidup




22
Dengan model problem posing siswa dapat berbagi pengetahuan dengan teman pada saat pembelajaran berlangsung




23
Saya bisa menjawab pertanyaan guru setelah belajar dengan model problem posing




24
Model pembelajaran problem posing lebih menarik dibandingkan metode ceramah.




25
Saya lebih aktif diskusi kelompok dalam menyelesaikan masalah pokok bahasan klasifikasi makhluk hidup